Cara Membuat Bootable Windows 10 Di FlashDisk Menggunakan Rufus



Dunia teknologi tidak ada hentinya, semakin hari semakin dan terus berkembang. Belum puas menggunakan teknologi yang telah ada, keesokan harinya muncul lagi teknologi yang lebih baru dan canggih. Tidak hanya teknologi berbentuk fisik saja yang terus berkembang, teknologi berupa software pun juga terus berkembang. Salah satu contohnya sistem operasi Windows, hampir setiap tahunnya terus berkembang dan banyak melakukan perubahan tampilan serta fungsi-fungsinya. Karena dari itu, mungkin Anda semua penasaran atau ingin mengupgrade Windows lama Anda menjadi yang lebih baru agar tidak ketinggalan zaman.

Nah, sebelum Anda menginstall Windows tersebut ke dalam PC atau Laptop Anda, pastikanlah Anda membuat Bootable-nya terlebih dahulu baik berupa DVD ataupun USB/FlashDrive. Mungkin bagi Anda yang masih pemula, belum begitu mengenal dengan apa yang namanya Bootable. Bootable adalah suatu cara untuk mengekstrak file Windows  Installer atau Master Windows (banyak yang bilang begitu) ke dalam DVD ataupun FlashDisk. Biasanya bootable diperlukan pada saat Anda ingin menginstall Windows  yang baru tanpa mempertahankan file-file Windows yang lama atau jika Anda ingin membuat partisi baru lagi sehingga diperlukan yang namanya Bootable.

Kali ini Jalan Komputer akan membagikan cara membuat bootable Windows 10 Di FlashDisk menggunakan Rufus. Bagi yang tidak tahu apa itu Rufus, Rufus adalah software atau aplikasi yang digunakan untuk membantu memformat dan membuat bootable sistem operasi pada USB atau FlashDisk. Untuk Anda yang belum memiliki Rufus, Jalan Komputer akan membagi alamat situsnya dan Anda bisa download pada situs resminya.

Peralatan yang dibutuhkan :
  • Rufus (Bisa Anda Download Disini) 
  • Windows 10 Versi apa saja yang berformat ISO

Langkah-langkah membuat bootable ke dalam FlashDisk :
  1. Sebelum Anda membuat bootable ke dalam FlashDisk, FlashDisk tersebut haruslah kosong. Jadi backup-lah isi FlashDisk Anda terlebih dahulu.
  2. Jika dirasa telah membackup file Anda, buka lah Windows Explorer dan klik kanan pada FlashDisk yang ingin diformat lalu pilih Format.
  3. Lalu muncul tampilan seperti gambar di bawah, (1) Pastikan kapasitas FlashDisk Anda benar, (2) Pastikan Format File System FAT32, (3) Buatlah nama label FlashDisk Anda, (4) Pastikan juga Quick Format tercentang. Jika dirasa sudah yakin,(5) klik tombol Start.
  4. Maka muncul Peringatan, Klik dan pilih OK
  5. Tunggu dan jika telah selesai akan tampil keterangan Format Komplit
  6. Kemudian buka Rufus yang telah Anda download di situs resminya, lalu klik kanan dan pilih Run as administrator
  7. Maka muncul tampil seperti gambar di bawah, (1) Pilih dan pastikan FlashDisk Anda pada Partisi yang tepat, (2) Pastikan Partition scheme and target system type pada posisi MBR partition scheme for BIOS or UEFI, (3) Pastikan juga File system pada posisi FAT32, (4) Lalu pilih file Windows 10 yang dalam format ISO
  8. Carilah lokasi file Windows 10 Anda, (1) Pilih filenya, (2) Klik Open
  9. Maka tampilannya seperti gambar di bawah. Lalu klik tombol Start
  10. Kemudian muncul pesan peringatan, klik OK
  11. Tunggu prosesnya hingga selesai, lamanya waktu proses bootable tergantung kecepatan Read dan Write pada FlashDisk Anda
  12. Jika proses telah selesai, maka tampilannya seperti gambar di bawah. Klik tombol Close
  13. Maka tahap pembuatan bootable Windows 10 di FlashDisk telah selesai

Bagaimana? Mudah bukan? Tidak hanya Windows saja yang bisa dibuat bootable, Sistem operasi Linux juga bisa Anda buat bootable menggunakan Rufus. Nah itu tadi tutorial dari Jalan Komputer, jika ada kekurangan atau kesalahan, Anda bisa meninggalkan Komentar di bawah agar segera kami perbaiki. Baca juga : Cara MenginstallWindows 10 Menggunakan FlashDisk.

0 Response to "Cara Membuat Bootable Windows 10 Di FlashDisk Menggunakan Rufus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel